BAB V
ANALISIS
Seluruh
rancangan kegiatan aktualisasi dapat dilaksanakan dengan baik di SMP Negeri
SATAP 2 Lemong. Guru di dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus menerapkan nilai-nilai
dasar ANEKA agar dapat memberikan pendidikan, pembimbingan, latihan dan
pembelajaran yang baik kepada siswa untuk mencapai tujuan pendidikan nasional
secara maksimal. Berikut adalah hasil analisis yang dilakukan bila nilai-nilai
dasar ANEKA tidak diterapkan oleh guru sebagai CPASN di dalam kegiatan
aktualisasi.
1.
Membuat program Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas VII, VIII,
dan IX.
Nilai-nilai dasar ANEKA sebagai berikut:
a.
Akuntabilitas
Melaksanakan pembuatan program
RPP dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan kurikulum tingkat satuan
pendidikan. Membuat RPP adalah kegiatan
yang harus dilakukan karena merupakan acuan guru di dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran, guru bertanggung jawab penuh dalam merencanakan pelaksanaan
pembelajaran, jika hal ini tidak dilakukan maka guru akan memberikan materi
pembelajaran tanpa arahan yang jelas.
b.
Nasionalisme
Melaksanakan pembuatan program
RPP untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, hal ini disebabkan RPP merupakan tolak
ukur bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang akan berpengaruh
terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
c.
Etika Publik
Melaksanakan pembuatan program
RPP dengan melakukan konsultasi bersama Kepala Sekolah, hal ini untuk
mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena kurangnya komunikasi,
contoh jika guru berkeinginan melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas,
guru terlebih dahulu harus berkomunikasi dengan kepala sekolah dan dewan guru
yang lain.
d.
Komitmen Mutu
Melaksanakan pembuatan program
RPP dengan menggunakan model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, asyik
dan menyenangkan sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat.
Siswa akan merasa senang melakukan kegiatan pembelajaran tidak bosan dan
mengantuk, jika siswa merasa senang maka siswa akan memiliki motivasi yang akan
meningkatkan aktivitas belajar sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.
e.
Anti Korupsi
Melaksanakan pembuatan RPP
secara mandiri dan disiplin tidak mengandalkan copy paste atau mencontek milik
orang lain agar guru lebih memahami dan mengetahui pencapaian setiap kompetensi
dasar dari indikator-indikator yang dibuat, dan guru lebih mengetahui kebutuhan
peserta didik yang menerima pembelajaran.
2.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Nilai-nilai dasar ANEKA sebagai berikut:
a.
Akuntabilitas
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran dengan integritas tinggi, guru harus dapat mengelola kelas,
menguasai siswa dengan baik agar kegiatan pembelajaran berjalan secara maksimal
dan kondusif.
b.
Nasionalisme
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
dengan adil tanpa diskriminasi, yaitu tidak pilih kasih dalam melakukan
kegiatan pembelajaran, guru harus menjaga sikap agar tidak terlihat adil
terhadap semua siswa.
c.
Etika Publik
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
dengan baik dan santun, agar siswa merasa nyaman dalam kegiatan pembelajaran,
serta guru juga merupakan teladan bagi siswa.
d.
Komitmen Mutu
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
dengan efektif dan efisien sesuai dengan alokasi waktu, tidak bertele-tele dan
melakukan secara runtut sehingga materi tersampaikan dengan baik kepada siswa.
e.
Anti Korupsi
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran secara jujur dan disiplin yaitu tidak datang terlambat, tidak
banyak bicara hal-hal yang menyimpang dari materi.
3.
Membuat soal-soal evaluasi hasil belajar.
Nilai-nilai dasar ANEKA sebagai berikut:
a.
Akuntabilitas
Membuat soal-soal evaluasi
hasil belajar dengan disiplin dan tanggung jawab, jika hal ini tidak dilakukan
guru tidak dapat mengukur sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran yang
telah diberikan.
b.
Nasionalisme
Membuat soal-soal evaluasi
hasil belajar untuk kepentingan umum (siswa), agar siswa juga dapat mengukur
kemampuan dirinya untuk dijadikan semangat memotivasi diri untuk meningkatkan
kemampuan belajar lebih baik lagi.
c.
Etika Publik
Membuat soal-soal evaluasi
hasil belajar secara akurat, berdaya guna dan berhasil guna maksudnya adalah
soal-soal dibuat menyesuaikan indikator-indikator pencapaian kompetensi dasar
yang diberikan kepada siswa.
d.
Komitmen Mutu
Membuat soal-soal evaluasi
hasil belajar secara sistematis, efisien dan efektif dalam bentuk lembar soal
yang diberikan langsung kepada siswa sehingga siswa tidak perlu menulis ulang
jadi penggunaan waktu lebih efektif dan efisien.
e.
Anti Korupsi
Membuat soal-soal evaluasi
hasil belajar secara mandiri, jujur dan peduli.
4.
Melaksanakan ulangan harian
Nilai-nilai dasar ANEKA sebagai berikut:
a.
Akuntabilitas
Melaksanakan ulangan harian
dengan disiplin dan tanggung jawab jika tidak maka siswa akan mencontek dan
ulangan akan berlangsung tidak kondusif.
b.
Nasionalisme
Melaksanakan ulangan harian
dengan prinsip keadilan, guru bertindak tegas di dalam menerapkan peraturan
tata tertib ketika menjalankan ulangan harian.
c.
Etika Publik
Melaksanakan ulangan harian
dengan baik dan santun, sehingga siswa akan merasa nyaman ketika ingin bertanya
terkait dengan jalannya pelaksanaan ulangan harian.
d.
Komitmen Mutu
Melaksanakan ulangan harian
dengan efektif dan efisien.
e.
Anti Korupsi
Melaksanakan ulangan harian
dengan jujur.
5.
Melaksanakan penilaian hasil ulangan harian siswa dan membuat analisis
hasil belajar siswa.
Nilai-nilai dasar ANEKA sebagai berikut:
a.
Akuntabilitas
Melaksanakan penilaian hasil
ulangan harian siswa dan membuat analisis hasil belajar siswa dengan disiplin
dan tanggung jawab sehingga hasil ulangan harian akan segera diketahui berapa
pencapaian hasilnya dan dianalisis untuk memperoleh kekurangan dan kelebihan
pencapaian materi.
b.
Nasionalisme
Melaksanakan penilaian hasil
ulangan harian siswa dan membuat analisis hasil belajar siswa dengan prinsip
keadilan serta mencerdaskan kehidupan bangsa.
c.
Etika Publik
Melaksanakan penilaian hasil
ulangan harian siswa dan membuat analisis hasil belajar siswa dengan akurat,
teliti dan cermat jika hal ini dilakukan maka akan diperoleh hasil analisis
yang baik sehingga bermanfaat bagi pencapaian materi lebih lanjut.
d.
Komitmen Mutu
Melaksanakan penilaian hasil
ulangan harian siswa dan membuat analisis hasil belajar siswa dengan inovatif,
efektif dan efisien.
e.
Anti Korupsi
Melaksanakan penilaian hasil
ulangan harian siswa dan membuat analisis hasil belajar siswa dengan jujur dan
adil.
6.
Membuat hand out (HO)
Nilai-nilai dasar ANEKA adalah sebagai berikut:
a.
Akuntabilitas
Membuat hand out (HO) dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, hal ini
dilakukan agar siswa mudah dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
b.
Nasionalisme
Membuat hand out (HO) untuk kepentingan mencerdaskan anak bangsa.
c.
Etika Publik
Membuat hand out (HO) dengan berdaya guna dan berhasil guna.
d.
Komitmen Mutu
Membuat hand out (HO) dengan efektif dan efisien.
e.
Anti Korupsi
Membuat hand out (HO) dengan mandiri, kerja keras dan kepedulian.
7.
Membuat modul persiapan ujian sekolah.
Nilai-nilai dasar ANEKA adalah sebagai berikut:
a.
Akuntabilitas
Membuat modul persiapan ujian
sekolah dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.
b.
Nasionalisme
Membuat modul persiapan ujian
sekolah untuk kepentingan mencerdaskan anak bangsa.
c.
Etika Publik
Membuat modul persiapan ujian
sekolah dengan berdaya guna dan berhasil guna.
d.
Komitmen Mutu
Membuat modul persiapan ujian
sekolah dengan efektif dan efisien.
e.
Anti Korupsi
Membuat modul persiapan ujian
sekolah dengan mandiri, kerja keras dan kepedulian.
8.
Membuat program rohani Islam (ROHIS)
Nilai-nilai dasar ANEKA adalah sebagai berikut:
a.
Akuntabilitas
Membuat program rohani Islam
(ROHIS) dengan penuh tanggung jawab, ikhlas dan amanah.
b.
Nasionalisme
Membuat program rohani Islam
(ROHIS) untuk mendorong siswa memiliki rasa cinta kepada Allah Swt. dan
berakhlak mulia.
c.
Etika Publik
Membuat program rohani Islam
(ROHIS) dengan melakukan komunikasi dan kerjasama dengan Kepala Sekolah, Dewan
Guru dan Siswa.
d.
Komitmen Mutu
Membuat program rohani Islam
(ROHIS) dengan inovatif, asyik dan menyenangkan.
e.
Anti Korupsi
Membuat program rohani Islam (ROHIS) dengan
kepedulian dan tanggung jawab.