BAB IV
CAPAIAN AKTUALISASI
A. Bukti Hasil Out Put Kegiatan Aktualisasi
No
|
Rancangan Kegiatan Aktualisasi
|
Realisasi Kegiatan Aktualiasi
|
Out Put
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Membuat program RPP
kelas VII, VIII dan IX
|
ASN telah membuat program RPP kelas VII, VIII dan IX pada hari Senin dan
Selasa tanggal 30 s.d 31 Maret 2015
|
RPP kelas VII, VIII dan IX
|
Kegiatan aktualisasi tercapai, bukti terlampir
|
2
|
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran
|
ASN telah melaksanakan kegiatan pembelajaran pada hari Rabu, Kamis dan
Jum,at tanggal 1, 2 dan 3 April 2015.
|
Jurnal pembelajaran
|
Kegiatan aktualisasi tercapai, bukti terlampir
|
3
|
Membuat soal-soal
evaluasi hasil belajar.
|
ASN telah melaksanakan pembuatan soal-soal evaluasi hasil belajar pada
hari Sabtu, tanggal 4 April 2015
|
Butir-butir soal
|
Kegiatan aktualisasi tercapai, bukti terlampir
|
4
|
Melaksanakan ulangan
harian.
|
ASN telah melaksanakan ulangan harian pada hari Rabu, Kamis dan Jum,at
tanggal 7, 8 dan 9 April 2015
|
Lembar Jawaban Siswa
|
Kegiatan aktualisasi tercapai, bukti terlampir
|
5
|
Melaksanakan penilaian
hasil ulangan harian siswa dan membuat analisis hasil belajar siswa
|
ASN telah melaksanakan penilaian hasil ulangan harian dan membuat
analisis hasil belajar siswa pada hari sabtu, 11 April 2015
|
Lembar hasil penilaian dan lembar hasil analisis
|
Kegiatan aktualisasi tercapai, bukti terlampir
|
6
|
Membuat hand out (HO)
|
ASN telah membuat hand out (HO) hari
Minggu, tanggal 5 April 2015.
|
Lembar hand out
(HO)
|
Kegiatan aktualisasi tercapai, bukti terlampir
|
7
|
Membuat modul
|
ASN telah membuat modul pada hari Minggu s.d Kamis, tanggal 5 s.d 9 April
2015
|
Modul
|
Kegiatan aktualisasi tercapai, bukti terlampir
|
8
|
Membuat program rohani
Islam (ROHIS)
|
ASN telah membuat program rohani Islam (ROHIS) tanggal 30 Maret s.d 1
April 2015
|
Proposal
|
Kegiatan aktualisasi tercapai, bukti terlampir
|
B. Catatan Pelaksanaan Kegiatan
1.
Membuat program Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas VII, VIII,
dan IX.
ASN telah membuat
program RPP kelas VII, VIII dan IX pada hari Senin dan Selasa tanggal 30 s.d 31
Maret 2015, dengan memperhatikan kriteria-kriteria yang ditetapkan dan sesuai
dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu satuan pendidikan, mata
pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, standar kompetensi, kompetensi dasar,
indikator pencapaian, tujuan pembelajaran, karakter siswa yang diharapkan,
materi pembelajaran, metode/model pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,
sumber belajar dan penilaian.
2.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran.
ASN telah
melaksanakan kegiatan pembelajaran pada hari Rabu, Kamis dan Jum,at tanggal 1,
2 dan 3 April 2015. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara runtut mengacu kepada RPP yang telah
dibuat.
3.
Membuat soal-soal evaluasi hasil belajar.
ASN telah
melaksanakan pembuatan soal-soal evaluasi hasil belajar pada hari Sabtu,
tanggal 4 April 2015 berupa butir-butir soal ulangan harian yang akan diberikan
kepada siswa.
4.
Melaksanakan ulangan harian
ASN telah melaksanakan
ulangan harian pada hari Rabu, Kamis dan Jum,at tanggal 7, 8 dan 9 April 2015.
5.
Melaksanakan penilaian hasil ulangan harian siswa dan membuat analisis
hasil belajar siswa.
ASN telah
melaksanakan penilaian hasil ulangan harian dan membuat analisis hasil belajar
siswa pada hari sabtu, 11 April 2015. Analisis dilakukan untuk mengetahui
tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan.
6.
Membuat hand out (HO)
ASN telah membuat hand out (HO) hari Minggu, tanggal 5
April 2015, hand out adalah rangkuman materi dari berbagai buku
pelajaran pendidikan agama Islam, kegiatan ini dilakukan berdasarkan kebutuhan
siswa di SMP Negeri SATAP 2 Lemong yang tidak memiliki sarana prasarana memadai
terutama buku pelajaran, hand out
memiliki manfaat besar terhadap kegiatan belajar mengajar karena siswa
tidak perlu lagi mencatat dan penggunaan waktu lebih efektif dan efisien.
7.
Membuat modul persiapan ujian sekolah.
ASN telah membuat
modul persiapan ujian sekolah (US) pada hari Minggu s.d Kamis, tanggal 5 s.d 9
April 2015. Modul ini dibuat untuk membantu siswa dalam belajar terutama mata
pelajaran pendidikan agama Islam. Siswa selama ini terbatas hanya mencatat dari
buku guru yang didiktekan, karena sekolah sangat jauh dari sarana prasarana
seperti foto copi dan sebagainya.
8.
Membuat program rohani Islam (ROHIS)
ASN telah membuat
program rohani Islam (ROHIS) tanggal 30 Maret s.d 1 April 2015. Program rohani
Islam ini dibuat sebagai sarana dakwah kepada anak-anak remaja di SMP Negeri
SATAP 2 Lemong untuk membimbing, mendidik dan menyampaikan ilmu tentang Islam
dengan tujuan agar siswa memiliki akhlak yang mulia sehingga menjadi manusia
yang taat kepada Allah Swt. dan menjadi manusia yang memiliki hubungan baik
kepada sesama mahluk Allah.
C. Foto-Foto Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan 1
|
Membuat program RPP
kelas VII, VIII dan IX
|
Tanggal
|
30 s.d 31 Maret 2015
|
Daftar Lampiran
|
Foto dan RPP
|
Guru sedang membuat rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP)
|
|
Akuntabilitas
Melaksanakan
pembuatan program RPP dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan kurikulum
tingkat satuan pendidikan.
Nasionalisme
Melaksanakan
pembuatan program RPP untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Etika Publik
Melaksanakan
pembuatan program RPP dengan melakukan konsultasi bersama Kepala Sekolah.
Komitmen Mutu
Melaksanakan
pembuatan program RPP dengan menggunakan model pembelajaran yang aktif,
inovatif, kreatif, asyik dan menyenangkan.
Anti Korupsi
Melaksanakan pembuatan RPP
secara mandiri dan disiplin
|
Kegiatan 2
|
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran
|
Tanggal
|
Tanggal 1, 2 dan 3 April 2015
|
Daftar Lampiran
|
Foto dan jurnal mengajar
|
Guru sedang melaksanakan kegiatan
belajar mengajar di dalam kelas dan di luar kelas.
|
|
Akuntabilitas
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan integritas tinggi.
Nasionalisme
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan adil tanpa diskriminasi.
Etika Publik
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan baik dan santun.
Komitmen Mutu
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan efektif dan efisien.
Anti Korupsi
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran secara jujur dan disiplin
|
|
Kegiatan 3
|
Membuat soal-soal
evaluasi hasil belajar
|
Tanggal
|
Sabtu, 4 April 2015
|
Daftar Lampiran
|
Foto dan soal ulangan harian
|
Guru sedang membuat soal-soal evaluasi
hasil belajar
|
|
Akuntabilitas
Membuat
soal-soal evaluasi hasil belajar dengan disiplin dan tanggung jawab.
Nasionalisme
Membuat
soal-soal evaluasi hasil belajar untuk kepentingan umum (siswa)
Etika Publik
Membuat
soal-soal evaluasi hasil belajar secara akurat, berdaya guna dan berhasil
guna.
Komitmen Mutu
Membuat
soal-soal evaluasi hasil belajar secara sistematis, efisien dan efektif.
Anti Korupsi
Membuat soal-soal evaluasi
hasil belajar secara mandiri, jujur dan peduli.
|
Kegiatan 4
|
Melaksanakan ulangan
harian
|
Tanggal
|
7, 8 dan 9 April 2015
|
Daftar Lampiran
|
Foto dan lembar kerja siswa
|
Guru sedang melaksanakan kegiatan ulangan
harian
|
|
Akuntabilitas
Melaksanakan ulangan harian
dengan disiplin dan tanggung jawab.
Nasionalisme
Melaksanakan ulangan harian
dengan prinsip keadilan.
Etika
Publik
Melaksanakan ulangan harian
dengan baik dan santun.
Komitmen
Mutu
Melaksanakan ulangan harian
dengan efektif dan efisien.
Anti
Korupsi
Melaksanakan ulangan harian
dengan jujur
|
Kegiatan 5
|
Melaksanakan penilaian
hasil ulangan harian siswa dan membuat analisis hasil belajar siswa
|
Tanggal
|
11 April 2015
|
Daftar Lampiran
|
Foto dan lembar hasil penilaian serta
lembar analisis
|
Guru sedang melaksanakan penilaian dan
analisis hasil belajar siswa.
|
|
Akuntabilitas
Melaksanakan penilaian hasil ulangan harian siswa dan membuat analisis
hasil belajar siswa dengan disiplin dan tanggung jawab.
Nasionalisme
Melaksanakan penilaian hasil ulangan harian siswa dan membuat analisis
hasil belajar siswa dengan prinsip keadilan serta mencerdaskan kehidupan
bangsa.
Etika Publik
Melaksanakan penilaian hasil ulangan harian siswa dan membuat analisis
hasil belajar siswa dengan akurat, teliti dan cermat.
Komitmen Mutu
Melaksanakan penilaian hasil ulangan harian siswa dan membuat analisis
hasil belajar siswa dengan inovatif, efektif dan efisien.
Anti Korupsi, melaksanakan penilaian hasil ulangan harian dan
membuat analisis hasil belajar siswa dengan jujur dan adil
|
Kegiatan 6
|
Membuat hand out (HO)
|
Tanggal
|
5 April 2015
|
Daftar Lampiran
|
Foto dan lembar hand out
|
Guru sedang membuat hand out
|
|
Akuntabilitas
Membuat hand out (HO) dengan ikhlas dan penuh
tanggung jawab.
Nasionalisme
Membuat hand out (HO) untuk kepentingan
mencerdaskan anak bangsa.
Etika Publik
Membuat hand out (HO) dengan berdaya guna dan
berhasil guna.
Komitmen Mutu
Membuat hand out (HO) dengan efektif dan
efisien.
Anti Korupsi
Membuat hand out (HO) dengan mandiri, kerja keras dan kepedulian.
|
|
Kegiatan 7
|
Membuat modul
persiapan ujian sekolah materi PAI
|
Tanggal
|
5 s.d 9 April 2015
|
Daftar Lampiran
|
Foto dan modul
|
Guru sedang membuat modul persiapan US
|
|
Akuntabilitas
Membuat
modul persiapan ujian sekolah dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.
Nasionalisme
Membuat
modul persiapan ujian sekolah untuk kepentingan mencerdaskan anak bangsa.
Etika Publik
Membuat
modul persiapan ujian sekolah dengan berdaya guna dan berhasil guna.
Komitmen Mutu
Membuat
modul persiapan ujian sekolah dengan efektif dan efisien.
Anti Korupsi
Membuat modul persiapan ujian
sekolah dengan mandiri, kerja keras dan kepedulian
|
Kegiatan 8
|
Membuat program rohani
Islam (ROHIS)
|
Tanggal
|
7 s.d 9 April 2015
|
Daftar Lampiran
|
Foto dan proposal rohis
|
Guru sedang membuat proposal rohis
|
|
Akuntabilitas
Membuat
program rohani Islam (ROHIS) dengan penuh tanggung jawab, ikhlas dan amanah.
Nasionalisme
Membuat
program rohani Islam (ROHIS) untuk mendorong siswa memiliki rasa cinta kepada
Allah Swt. dan berakhlak mulia.
Etika Publik
Membuat
program rohani Islam (ROHIS) dengan melakukan komunikasi dan kerjasama dengan
Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Siswa.
Komitmen Mutu
Membuat
program rohani Islam (ROHIS) dengan inovatif, asyik dan menyenangkan.
Anti Korupsi
Membuat program rohani Islam
(ROHIS) dengan kepedulian dan tanggung jawab.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika berkenan untuk berkomentar dengan sopan